Bratislava, wapresri.go.id – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin melakukan pertemuan dan dialog dengan para Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Slovakia dan sekitarnya di Ballroom Maria Teresa, Grand Hotel River Park Bratislava, Slovakia, Minggu siang (26/11/2023).

Pada pertemuan tersebut, Wapres berpesan kepada para masyarakat Indonesia yang berada di Slovakia, untuk dapat menyerap ilmu dan hal positif yang didapatkan selama merantau untuk nantinya dapat dibawa kembali ke tanah air.

“Habiskan ilmunya di Slovakia oleh Anda sekalian. Jangan disisakan ilmu di Slovakia, habisi terus, dan telan semua ilmu itu,” pesan Wapres.

“Tapi jangan tidak pulang,” tambahnya yang disambut oleh senyum dan tawa para hadirin.

Lebih jauh Wapres juga berpesan, selain ilmi, nilai kebaikan yang didapatkan selama jauh dari tanah air juga harus diserap dengan baik sehingga nantinya dapat diimplementasikan saat kembali pulang ke Indonesia.

“Ketika pulang ke tanah air kelak, bawalah nilai-nilai kebaikan dari negara setempat yang dapat mendorong kemajuan bangsa kita,” imbuh Wapres.

“Pelajari keunggulan Slovakia untuk diajarkan kepada keluarga dan masyarakat di lingkungan Saudara di Indonesia,” lanjutnya.

Pada kesemlatan yang sama, Wapres berkesempatan mendengarkan aspirasi dari Marhadi, seorang mahasiswa S3 dari Hungaria sekaligus Koordinator PPI Hungaria 2023-2024. Marhadi memohon dukungan pemerintah Indonesia untuk acara Konferensi PPI dunia yang akan diselenggarakan di tahun 2024.

“Saya Mahardi, Koordinator PPI Hungaria 2023-2024, secara khusus mohon dukungan pemerintah Indonesia untuk acara Konferensi PPI Dunia yang akan diselenggarakan di Hungaria pada tahun 2024,” ungkap Mahardi.

Berkenaan dengan hal tersebut, Wapres pun memberikan tanggapan positifnya serta menyambut baik pelaksanaan Konferensi PPI Dunia di Hungaria dan mengharapkan tercapai rekomendasi untuk mendukung pemerintah.

“Pemerintah tentu menyambut baik penyelenggaraan Konferensi PPI Dunia di Hungaria Tahun 2024. Saya kira ini kesempatan yang baik untuk bisa bertemu dan menghasilkan beberapa rekomendasi kepada pemerintah,” pungkas Wapres.

Hadir sebagai moderator dalam sesi dialog ini Duta Besar RI di Bratislava Pribadi Sutiono, dan turut hadir pula 150 orang perwakilan masyarakat Indonesia yang berasal dari beragam kalangan, baik pelajar, pengusaha, dan pekerja migran.

Selain Duta Besar RI di Bratislava Pribadi Sutiono, turut hadir mendampingi Wapres pada acara ini diantaranya, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono Wahjoe Sedjati, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah, Staf Khusus Wapres Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah M. Imam Azis, Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas, dan Staf Khusus Wapres Zumrotul Mukaffa. (DAS – BPMI Setwapres)