Jakarta, wapresri.go.id – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menyambut baik dan mendukung rencana pembangunan Masjid Indonesia di London, Inggris.

Hal ini disampaikan Wapres saat menerima audiensi Dewan Pembina Indonesia Islamic Centre of London di Kantor Wapres, Jl.Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (20/3).

‚ÄúPembangunan rumah ibadah pasti didukung, termasuk masjid,” ujarnya.

Tak hanya itu, Wapres juga pernah meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mencetak imam dan guru agama untuk ditempatkan di luar negeri agar Masjid Indonesia di sana mempunyai guru dari Indonesia.

Sebelumnya Ketua Dewan Pembina Indonesia Islamic Centre of London Nasaruddin Umar menyampaikan adanya gagasan pembangunan masjid yang akan dibangun di kawasan dengan komunitas Muslim di London.

“Saat ini sudah ada kurang lebih 400 masjid di Inggris, tetapi tidak ada yang dibangun oleh Indonesia,” terangnya.

Menurut Nasaruddin, sebagai negara mayoritas muslim terbesar di dunia, Indonesia perlu untuk mendirikan Masjid di London, mengingat komunitas Muslim di London sudah mencapai kurang lebih 3.000 orang.

“Masjid juga sebagai salah satu upaya membangun image Indonesia sebagai negara mayoritas muslim yang anti teroris,” terangnya.

Pada audiensi tersebut turut hadir Ketua IIC of London Pusat Memet Purnama Hasan, Ketua IIC of London Perwakilan Jakarta Maman Malik, Wakil Ketua IIC of London Jakarta Ricko Ganie, Humas IIC of London Perwakilan Jakarta Arifin Purwakananta, Direktur Baznas Anif Punto, dan Wakil Direktur Baznas Zainulbahar Noor.

Sementara itu Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar dan Plt. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan Guntur Iman Nefianto. (MC/RN, KIP Setwapres).