Jakarta, wapresri.go.id – Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin turut melaksanakan ibadah kurban pada hari raya Iduladha 1444 Hijriah. Wapres berkurban di antaranya satu ekor sapi jenis Limosin dengan berat 1.154 kg yang akan diserahkan kepada panitia kurban Masjid Istiqlal Jakarta.

Sapi ini telah berada di Masjid Istiqlal dan diterima oleh Kepala Bidang Sosial dan Pemberdayaan Umat Masjid Istiqlal yang juga sebagai Plt. Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Istiqlal Laksma TNI (Purn) Asep Saepudin pada Selasa, (27/06/2023).

Secara resmi sapi kurban tersebut akan diserahkan langsung oleh Wapres usai menunaikan Salat Iduladha di Masjid Istiqlal kepada panitia kurban pada Kamis, (29/06/2023).

Selain itu, Wapres juga menyerahkan 56 hewan kurban sapi di sekitar wilayah Jabodetabek dengan berat rata-rata 800 kg dan juga 10 ekor kambing.

Hewan kurban yang diserahkan oleh Wapres telah diperiksa dan dinyatakan sehat oleh Badan Karantina Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, sehingga memenuhi syarat dan layak untuk menjadi hewan kurban.

Saat menyampaikan ucapan hari raya Iduladha, Wapres menekankan keutamaan dari ajaran Iduladha, yaitu mengenai pentingnya menjunjung tinggi kemanusiaan melalui keluasan hati yang lapang, serta berbagi kebahagiaan kepada orang lain.

“Iduladha mengajarkan tentang pentingnya menjunjung kemanusiaan dengan cara berbagi kebahagiaan oleh umat yang memiliki kelapangan,” jelas Wapres.

Selain itu, Wapres juga mencontohkan keteladanan dari Nabi Ibrahim A.S. yang dikisahkan mendapatkan perintah Allah SWT untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail A.S., sebagai bentuk kepatuhan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Keteladanan Nabi Ibrahim A.S. mengandung pesan mulia tentang keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT yang tidak bercela,” sebut Wapres.

“Kepatuhannya kepada Allah SWT dan keikhlasannya untuk berkorban, sepatutnya menginspirasi kita untuk menjadi muslim yang utuh,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Sapi Limousin merupakan jenis sapi berotot berwarna coklat yang berasal dari daerah Limousin di Perancis. Jenis sapi ini memiliki tubuh yang besar, kerangka tulang yang kuat, serta berbulu halus. Selain itu, ia memiliki ukuran kepala yang kecil dan pendek, dengan dahi dan moncong yang lebar. (DAS/RJP – BPMI Setwapres)