Jakarta, wapresri.go.id — Suasana kegembiraan dan semangat menyambut bulan suci Ramadan semakin terasa. Sebagai bentuk antusiasme akan datangnya bulan yang penuh berkah ini, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Unit Pelaksana Sekretariat Wakil Presiden menggelar Bazar Sambut Ramadan 1445 Hijriyah pada Selasa (05/03/2024) yang diselenggarakan di Auditorium dan Halaman Parkir Setwapres, Jl. Kebon Sirih No. 14 Jakarta Pusat.

Bazar Sambut Ramadan secara resmi dibuka oleh Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin yang ditandai dengan pengguntingan untaian bunga Melati. Dalam sambutannya, Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin mengatakan, selain untuk menyambut bulan suci Ramadan, acara ini diselenggarakan dengan tujuan menghidupkan kembali semangat, kreativitas, dan inovasi masyarakat dalam konteks usaha kecil, mikro, dan menengah.

“Melalui kebersamaan dan sinergi yang kita bangun di acara bazar Ramadan ini, marilah kita ambil inspirasi untuk mengembangkan UMKM yang tidak hanya tumbuh secara ekonomi, tapi juga membawa dampak sosial yang positif sejalan dengan nilai-nilai kebaikan,” ujarnya.

Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin juga menyampaikan bahwa UMKM memiliki peran penting serta memberikan kontribusi yang signifikan dalam perkembangan perekonomian nasional.

Lebih lanjut Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin menjelaskan bahwa kondisi UMKM Indonesia sempat mengalami penurunan pada dua tahun pertama terjadinya pandemi Covid-19. Menurutnya, kreativitas, inovasi, dan kemampuan beradaptasi dengan ekosistem digital menjadi kunci bagi UMKM untuk menghadapi segala tantangan yang ada.

“Kolaborasi juga penting. Dengan bekerja sama, UMKM dapat memperluas jaringannya, meningkatkan kualitas produk, dan bahkan membuka peluang untuk mengakses pasar yang lebih luas,” ujarnya.

“Selain itu, aspek yang tak kalah penting adalah perhatian terhadap kualitas produk, bagaimana UMKM mampu menciptakan produk yang berkualitas dengan tetap memasukkan unsur kekayaan budaya dan kearifan lokal Indonesia yang unik dan beragam,”jelasnya.

Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin juga menyampaikan bahwa perhelatan Bazar Sambut Ramadan ini merupakan upaya penguatan UMKM, termasuk pada UMKM yang baru berkembang. Sebab, acara ini menciptakan ruang yang lebih luas bagi masyarakat untuk memperkenalkan produk-produk tertentu serta memungkinkan terbukanya peluang pasar yang lebih besar.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Ibu Hj.Wury Ma’ruf Amin mengapresiasi kepada semua pihak yang telah terlibat dalam penyelenggaraan Bazar Sambut Ramadan 1445 Hijriyah ini.

“Saya ingin memberi apresiasi kepada seluruh panitia penyelenggara, para tamu undangan, serta peserta bazar yang telah hadir dan berpartisipasi dalam acara ini,” ucapnya.

Sebelumnya, dalam kesempatan yang sama, Ketua DWP Setwapres Vina Erani Yustika mengatakan, kegiatan bazar ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut bulan suci Ramadan yang rutin diselenggarakan oleh DWP Setwapres bekerja sama dengan Kantor Setwapres.

Ia juga menuturkan, Bazar Sambut Ramadan merupakan sarana untuk mengasah dan menyalurkan jiwa enterpreneur pegawai di lingkungan Setwapres serta sebagai ajang untuk memperkenalkan produk lokal UMKM, dan memperluas jaringan serta akses pasar.

“Bazar kali ini terdapat 100 stand yang turut berpartisipasi yang terdiri dari 43 stand pakaian dan aksesoris, 42 stand makanan dan minuman, dan 15 stand produk lain-lain, termasuk butik antik yang menghadirkan beragam pakaian layak pakai yang hasil penjualannya akan kami salurkan untuk kegiatan sosial,” paparnya

Melalui penyelenggaraan bazar ini, ia berharap produk-produk nusantara, baik berupa makanan, pakaian, atau lain sebagainya, semakin dikenal ciri khasnya.

“melalui bazar ini kita bisa mengangkat produk khas salah satu daerah di Tanah Air yang terkenal dengan wastra nusantaranya serta beragam sajian dan kudapan khasnya. Ke depan, kami berharap masih banyak daerah lain yang bisa diangkat melalui acara ini,” harapnya.

Sebagai informasi, selain disuguhi dengan beragam booth yang memadati areal bazar kantor Setwapres, para pengunjung yang berbelanja juga diberikan kupon doorprize yang akan diundi dan bagi yang beruntung tersedia berbagai hadiah menarik, diantaranya sepeda motor dan paket umrah.

Turut hadir dalam kegiatan ini, antara lain Penasihat Dharma Wanita Persatuan Siti Farida Pratikno, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono, Ketua Dharma Wanita Sekretariat Kabinet Hani Pramono Anung, dan Ketua Dharma Wanita Unit Pelaksana Sekretariat Presiden Mirdiyanti Heru (HB/AS – BPMI Setwapres)