Jakarta, wapresri.go.id – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin sore ini, Selasa (05/12/2023), mengawali kunjungan kerjanya ke Provinsi Bali dan Provinsi Jawa Timur. Menggunakan Pesawat Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU, Wapres dan rombongan lepas landas dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma menuju Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Provinsi Bali pada pukul 16.00 WIB/17.00 WITA.

Setelah menempuh penerbangan selama 1 jam 50 menit, Wapres tiba di Bali pada pukul 18.50 WITA, dan disambut oleh Pj. Gubernur Bali S. M. Mahendra Jaya beserta Ibu Ida Setiawati Mahendra Jaya, dan Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Bali beserta pendamping masing-masing.

Usai beristirahat sejenak di ruang tunggu utama, Wapres beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin didampingi oleh Pj. Gubernur Bali dan Ibu Ida Setiawati Mahendra Jaya bergerak menuju Hotel The Apurva Kempinski Bali untuk bermalam.

Pada hari ke-dua, Rabu (06/12/2023), Wapres akan menghadiri acara Apresiasi dan Penyerahan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB), dan Zona Integritas (ZI) Tahun 2023 di Kawasan Pariwisata Nusa Dua Lot NW/1, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Pada kesempatan ini, selain memberikan sambutan, Wapres juga akan menyerahkan penghargaan kepada perwakilan K/L serta Pemerintah Provinsi dan Kota yang mendapatkan predikat nilai AA dan A.

Sebagai Informasi, acara Apresiasi dan Penyerahan Hasil Evaluasi SAKIP, RB, dan ZI Tahun 2023 diinisiasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sebagai apresiasi kepada instansi pemerintah yang telah memberikan upaya terbaiknya dalam mengelola birokrasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Apresiasi ini pun diharapkan dapat memberikan motivasi kepada seluruh instansi untuk selalu bebenah melakukan reformasi birokrasi yang berdampak nyata bagi masyarakat.

Siang harinya, pada pukul 11.30 WITA/10.30 WIB, Wapres akan bertolak ke Bandar Udara Notohadinegoro, Jember, Jawa Timur dari Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali untuk melanjutkan agenda kunjungan kerjanya. Menggunakan Pesawat CN 295 TNI AU, penerbangan menuju Jember ditempuh selama 45 menit.

Setibanya di Jember pada pukul 11.15 WIB, Wapres akan disambut oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, untuk langsung menuju ke Pendopo Kantor Bupati Jember di Jl. Wijaya Kusuma No.11, Pagah, Jemberlor, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Di tempat ini, Wapres akan istirahat sejenak untuk santap siang dan menunaikan Ibadah Salat Dzuhur.

Setelahnya, Wapres akan menyerahkan bantuan program penurunan stunting di Kabupaten Jember dari
Yayasan Dewa-Dewi Indonesia dan PT. Semen Imasco Asiatic Jatim.

Seusai seluruh rangkaian acara di Jember, Wapres akan langsung bertolak ke Surabaya untuk melanjutkan perjalanan kembali ke Jakarta. Wapres diperkirakan tiba kembali di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma pada pukul 18.20 WIB.

Turut mendampingi Wapres pada kunjungan kerja ini, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas, serta Staf Khusus Wapres Zumrotul Mukaffa dan Arif Rahmansyah Marbun. (NN/RJP, BPMI – Setwapres)