Jakarta, wapresri.go.id – Perayaan hari Raya Idulfitri merupakan momen besar bagi umat Muslim di seluruh dunia. Momen ini, dimaknai sebagai hari kemenangan dimana setiap umat telah berhasil menahan hawa nafsu yang dimiliki baik nafsu dalam hal yang bersifat duniawi, hingga menahan amarah dan meredam konflik.

Namun, dalam perayaan Idulfitri 1445H/2024 M, masih terdapat saudara sesama muslim di belahan dunia lain yang belum dapat merayakan dengan sukacita momen kemenangan ini karena kondisi konflik yang dihadapi. Oleh karena itu Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin mengajak kepada seluruh umat muslim untuk saling mendoakan antarsesama agar semangat kemenangan pada Idulfitri ini tetap dapat dirasakan oleh saudara-saudara muslim di lokasi konflik.

“Saya mengajak untuk mendoakan saudara-saudara kita yang tidak dapat merayakan Idulfitri dalam keadaan damai dan aman,” tutur Wapres dalam rekaman video ucapan selamat Idulfitri 1445 H yang didiseminasikan oleh Biro Pers, Media, dan Informasi, Sekretariat Wkail Presiden, Rabu (10/04/2024).

Selain melalui doa, lebih lanjut Wapres juga mengajak seluruh umat muslim untuk terus menghidupkan semangat Ramadan di dalam diri pada bulan-bulan berikutnya. Dengan semangat ini, Wapres menilai, manusia dapat selalu membentengi dirinya dari hawa nafsu yang tidak baik.

“Saya mengajak kita semua untuk terus menghidupkan spirit Ramadan dalam diri dan kehidupan kita. Yaitu semangat hidup yang penuh kasih dan murah hari, baik kepada sesama umat manusia, maupun dengan lingkungan,” imbuh Wapres.

“Selain itu, nyalakan juga semangat untuk terus berubah, terus berkontribusi menciptakan perbaikan-perbaikan yang akan mendorong kemajuan,” tambahnya.

Menutup video ucapannya, Wapres pun berpesan kepada para pemudik yang akan melakukan perjalanan silaturahmi ke kampung halaman. Teriring doa agar perjalanan yang akan ditempuh diberikan kelancaran oleh-Nya sehingga dapat berkumpul bersama keluarga besar dengan selamat.

“Bagi para pemudik, saya ucapkan selamat mudik. Semoga lancar dan tidak ada halangan apapun di perjalanan. Selamat berkumpul dengan keluarga, sanak saudara, dan kerabat di kampung halaman,” pesan Wapres.

“Selamat Idulfitri 1445 H. Selamat atas kemenangan setelah melaksanakan ibadah Ramadan dengan sepenuh hati dan kesungguhan. Semoga seluruh amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT,” pungkasnya. (NN, BPMI – Setwapres)