Athena, wapresri.go.id – Usai melakukan pertemuan dengan Uskup Agung Athena dan Seluruh Yunani Ieronymos II, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin beserta delegasi terbatas melakukan kunjungan ke Gereja Katedral Metropolitan Athena, Kamis (23/11/2023).

Sekitar pukul 12.00 Waktu Setempat, Wapres tiba di Gereja Katedral Metropolitan Athena dan disambut oleh Dean of the Cathedral of Athens, The Reverend Thomas Synodinos.

Dipandu Dean of the Cathedral of Athens, Wapres berkeliling menyaksikan kemegahan Gereja Katedral Metropolitan Athena, termasuk melihat koleksi benda-benda relik di museum gereja yang terletak di ruang bawah tanah.

Sebagai informasi, Gereja Katedral Metropolitan Athena dibangun selama 20 tahun sejak 1842 hingga 1862. Gereja ini kemudian menjadi bangunan penting dalam sejarah Yunani modern. Selain sebagai pusat spiritual kaum Ortodok Yunani, Gerja Katedral Athena juga menjadi lokasi favorit untuk berbagai kegiatan seremonial, seperti pembaptisan, pemakaman, dan pernikahan.

Bangunan Gereja Katedral Metropolitan Athena memiliki ukuran panjang 40 meter dan lebar 20 meter dengan gaya arsitektur basilica tiga lorong berpadu dengan gaya neoklasik dan Yunani-Bizantium. Kehadiran kubah berdiameter 24 meter turut menambah kemegahan arsitektur gereja termegah di kota Athena ini.

Turut mendampingi Wapres Duta Besar RI untuk Yunani Bebeb A.K. Nugraha Djundunan, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, serta Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Masykuri Abdillah, dan Zumrotul Mukaffa. (DAS – BPMI Setwapres)