SAMBUTAN PADA ACARA PELUNCURAN
INDONESIA SHARIA ECONOMIC OUTLOOK (ISEO) 2024
DAN PERESMIAN UNIVERSITAS INDONESIA
INDUSTRIAL GOVERNMENT (I-GOV) KE-3 2023
DEPOK, 5 DESEMBER 2023

Tema: “Visi 2024 & Tahun Politik: Membaca Arah Ekonomi Syariah Indonesia ke Depan”

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Selamat siang, salam sejahtera bagi kita semua.
Bismillaahirrahmaanirrahim.

Yang saya hormati,
Rektor Universitas Indonesia,
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia,
Plt. Direktur Eksekutif Manajemen Eksekutif KNEKS,
Perwakilan dari Kementerian/Lembaga anggota KNEKS
Perwakilan Pengurus Lembaga dan Asosiasi Ekonomi dan Keuangan Syariah, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES)
Sivitas akademika Universitas Indonesia, para mitra serta tamu undangan

Alhamdullilah, puji syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan YME, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, kita dapat hadir pada acara yang penting ini.

Hadirin yang saya hormati,

Pekan lalu saya berada di Kuching, Sarawak, Malaysia, untuk mewakili Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kunci pada Global Muslim Business Forum 2023, yang mengusung tema tentang inovasi dalam pengembangan ekonomi syariah.

Tidak dapat dipungkiri, masa depan kita akan banyak dibentuk dan ditransformasi oleh penerapan inovasi dan teknologi canggih pada nyaris setiap lini kehidupan. Sekarang pun kita telah menyaksikan dan merasakan dampak dari disrupsi teknologi yang mengubah cara pandang dan cara hidup kita.

Pengembangan ekonomi dan keuangan syariah bukan perkecualian. Inovasi dan teknologi akan sangat menentukan keberhasilan dalam mengoptimalkan potensi yang menggerakkan pertumbuhan ekonomi dan ivestasi halal, serta memenuhi permintaan konsumen akan produk dan jasa halal yang diperkirakan akan menembus tiga triliun dollar AS pada tahun 2028.

Hari ini saya berbicara di salah satu kampus terbaik di Indonesia. Kampus adalah tempat lahirnya gagasan dan inovasi, serta SDM unggul dan inovatif.
Saya titip kepada Universitas Indonesia untuk terus mencermati tren di tingkat global yang akan mempengaruhi model bisnis dan keuangan syariah, sehingga kita dapat mengantisipasi perubahan, merebut peluang, dan memenangkan persaingan.

Dalam konteks pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, kemampuan berinovasi juga mesti dikuasi oleh ulama.

Kesesuaian aktivitas ekonomi dan keuangan dengan syariat Islam sebagian besar ditentukan oleh ijtihad ulama.
Oleh sebab itu, saya mendorong kerja sama kaum intelektual dan ulama Indonesia, agar langkah dan strategi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional semakin inovatif dan terpadu, sehingga bangsa kita menjadi pelopor dalam inovasi yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah nasional dan global.

Saudara-saudara,

Pergantian pemerintahan pada 2024 bukanlah alasan terhentinya upaya bangsa kita untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah di tanah air.

Patut disadari oleh seluruh pemimpin bangsa ini, Indonesia sebagai negara demokrasi dan berpenduduk muslim terbesar di dunia, telah mendapatkan pengakuan dan menjadi rujukan bagi banyak negara sebagai model yang berhasil mewujudkan ko-eksistensi damai.

Saya meyakini, sudah sewajarnya bagi Indonesia untuk berada di bangku kemudi dalam pengembangan ekonomi syariah global, dan menjadi model bagi terwujudnya Islam dan kemajuan. Oleh sebab itu, peluang yang mengemuka tidak boleh mengendap dan terlewat. Institusi pendidikan tinggi harus menjadi yang terdepan dalam membaca peluang ini.

Saya bercita-cita, kelak literatur rujukan tentang ekonomi dan keuangan syariah dunia berasal dari Indonesia. Ahli-ahli ekonomi dan keuangan syariah yang berbicara di panggung-panggung ekonomi global juga orang Indonesia. Indonesia menjadi begawan di bidang diplomasi halal karena keberhasilan pembangunan ekonomi dan keuangan syariah di dalam negeri.
Cita-cita besar ini membutuhkan kesinambungan kerja. Saya meminta untuk dikawal terus keberlanjutan program ekonomi dan keuangan syariah sebagai arus utama pembangunan nasional jangka pendek, menengah, dan jangka panjang, di tingkat nasional dan daerah.

Hadirin sekalian,

Ekonomi dan keuangan syariah mengedepankan prinsip keadilan, inklusi, keseimbangan, dan berorientasi pada kemakmuran rakyat. Prinsip ini menjadikan ekonomi dan keuangan syariah sangat strategis sebagai pilar pembangunan ekonomi nasional menuju Indonesia Emas 2045.

Dalam lima tahun terakhir, ekonomi dan keuangan syariah nasional terus bertumbuh dan menunjukkan pencapaian signifikan pada empat sektor utama, termasuk ekosistem pendukungnya.
Ke depan, upaya dan sinergi mesti semakin kokoh untuk memacu seluruh sektor ekonomi dan keuangan syariah agar memberikan dampak nyata bagi kesejahteraan masyarakat, memajukan UMKM, dan menyokong ketahanan ekonomi nasional.

Ekosistem dan infrastruktur ekonomi dan keuangan syariah juga harus terus diperkuat, termasuk upaya peningkatan pangsa pasar, inklusi, dan literasi yang menjadi fondasi dari tegaknya bangunan ekonomi dan keuangan syariah.

Untuk itu, saya minta kepada Universitas Indonesia dan seluruh perguruan tinggi di tanah air agar terus menyelenggarakan edukasi, riset, dan sosialisasi ekonomi dan keuangan syariah, serta menciptakan ahli-ahli di bidang ekonomi dan keuangan syariah yang dibutuhkan oleh negeri sendiri dan bangsa-bangsa lain di dunia.

Kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan juga mesti semakin solid untuk menghasilkan terobosan-terobosan, misalnya dalam mendorong pengembangan kewirausahaan syariah melalui penguatan kerja sama pelaku industri halal dengan industri keuangan syariah. Utamanya dalam peningkatan akses pembiayaan syariah bagi UMKM Halal dan pendampingan proses halal.

Model ini dapat dikembangkan di berbagai tingkatan dan komunitas, seperti desa, pesantren, pengusaha perempuan dan sebagainya, dan dapat dilakukan melalui kolaborasi dengan KNEKS dan KDEKS.

Sebagai penutup, saya sampaikan apresiasi kepada Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah Universitas Indonesia atas konsistensi dalam mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional.

Saya juga mengapresiasi perhelatan UI Industrial-Government Expo ke-3 tahun 2023 untuk mendorong pengembangan inovasi dan digitalisasi di tanah air demi peningkatan kesejahteraan umat.

Terakhir, saya menyampaikan selamat atas dibangunnya Ekosistem Zona Halal di Kampus UI. Semoga ini menginspirasi institusi pendidikan lainnya untuk membangun zona halal demi meningkatkan literasi halal, dan memperkuat sistem jaminan produk halal.

Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, ISEO 2024 secara resmi saya luncurkan, dan UI Industrial Government Expo ke-3 tahun 2023 saya resmikan.

Semoga Allah SWT, Tuhan YME, senantiasa memberikan ‘inayah-Nya dan meridai semua upaya yang kita lakukan.

Wallahul muwaffiq ilaa aqwamith thariiq
Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.