Jakarta, wapresri.go.id – Tahun 2024 yang akan disambut dalam waktu satu bulan ke depan merupakan tahun yang penting bagi bangsa Indonesia. Sebab, pada tahun tersebut, akan dilaksanakan pesta demokrasi secara serentak untuk memilih calon pemimpin negara, baik di tingkat nasional hingga daerah. Keberhasilan pelaksanaan pesta demokrasi ini pun sangat tergantung pada kondusivitas yang ditunjukkan oleh seluruh elemen masyarakat melalui netralitas, transparansi, damai, jujur, dan adil.

Oleh karena itu, sebagai bagian dari masyarakat, para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) pun dituntut untuk mengimplementasikan hal tersebut sebagai upaya dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu).

“Saya minta seluruh ASN Setwapres untuk mendukung pemerintah dalam menyukseskan pemilu yang tertib, damai, jujur dan adil. Saya juga minta agar Setwapres menjadi wajah birokrasi yang netral,” tutur Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin sambutannya secara virtual pada acara Jejaring Kerja Keprotokolan dan Refleksi Akhir Tahun 2023 Setwapres yang dilaksanakan di Hotel Aston Bogor, Jumat (01/12/2023).

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, dalam menyukseskan pemilu dan menampilkan netralitas ini, beberapa hal dapat dilakukan oleh para ASN.

“ASN Setwapres menjadi teladan dalam kepatuhan terhadap aturan-aturan terkait pemilu,” papar Wapres.

“Serta menunjukkan kebijaksanaan dan kehati-hatian dalam bermedia sosial selama proses pemilu berlangsung,” tambahnya.

Menutup sambutannya, Wapres berpesan, agar acara Refleksi Akhir Tahun pada hari ini dapat semakin mempererat jalinan silaturahmi di lingkungan Setwapres, sehingga pada akhirnya dapat memperkuat rasa persaudaraan, semangat kolaborasi, yang dapat membawa instansi melaksanakan kinerjanya dengan baik dan bertanggung jawab.

“Saya minta Setwapres menjadi rumah bagi kumpulan ASN yang tidak hanya bekerja menjalankan mandat secara kolaboratif, tetapi juga menjadi keluarga yang utuh karena jalinan kekeluargaan itulah yang tidak ternilai harganya,” imbuh Wapres.

“Terus berpikir maju dan relevan dengan perkembangan zaman. Terus belajar, belajar, dan belajar, karena menimba ilmu tidak ada batas usia,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Setwapres Ahmad Erani Yustika, menyampaikan apresiasi atas kinerja baik dan seluruh pencapaian yang telah diraih oleh Setwapres pada tahun 2023. Ia pun mengajak kepada seluruh pejabat/pegawai di lingkungan Setwapres, untuk terus mengaktualisasi diri dan pengetahuan agar ke depan, instansi Setwapres dapat semakin gemilang.

“Saling menyangga, saling menyokong, agar batu bata perbaikan itu semakin tertata. Insya Allah ke depan akan jauh lebih bagus lagi,” tegas Erani.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, seluruh Deputi, Asisten Deputi, serta para pejabat/pegawai di lingkungan Setwapres. (NN/AS, BPMI – Setwapres)