Athena, wapresri.go.id – Setelah menempuh penerbangan 12 jam 30 menit, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin didampingi Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin beserta delegasi terbatas tiba di Bandara Internasional Eleftherios Venizelos, Athena, Yunani, pukul 06.00 Waktu Setempat (WS), Rabu (22/11/2023).

Hawa sejuk dan rintik hujan mengiringi kedatangan Wapres yang disambut oleh Chief of Protocol/Head of the Protocol Department Yunani, Ambassador Aglaia Balta, Duta Besar RI Athena Bebeb A.K. Nugraha Djundjunan beserta Ibu Stevanny Djundjunan dan Atase Pertahanan Roma Kolonel Laut (P) Aminuddin Albek beserta Ibu Irma Febrawati Bima. Hari pertama rangkaian kunjungan kerjanya di Yunani, Wapres akan bertemu Wakil Ketua 1 Parlemen Yunani Ioannis Plakiotakis bertempat di Hellenic Parliament.

Pada lawatannya kali ini, secara khusus Wapres membawa misi perdamaian dunia yang juga dilakukan melalui rencana pertemuannya dengan Uskup Agung Yunani Ieronymos II keesokan harinya, Rabu (22/11/2023). Pada hari terakhir agenda kunjungan di Yunani, Wapres juga dijadwalkan melakukan kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri Yunani Y.M. Kyriakos Mitsotakis.

Momen menarik terjadi saat Wapres beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin tiba di penginapan untuk bermalam. Selain disambut oleh pejabat dan staf KBRI Athena, Wapres menerima bunga yang diserahkan langsung oleh dua perwakilan anak Indonesia di Athena, mereka adalah Fanouria Georgia Papadopulou (7 tahun) dan Avicenna Farispranawa Virgianto (10 tahun).

Adapun Holy Metropolitan Church of Athens dan Akropolis Athena dijadwalkan akan dikunjungi oleh Wapres dalam rangka menilik rekam jejak sejarah peradaban Yunani.

Tampak mendampingi Wapres dalam kunjungan kerja kali ini Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono Wahjoe Sedjati, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah, Staf Khusus Wapres Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah M. Imam Azis, Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas, Staf Khusus Wapres Zumrotul Mukaffa, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma dan Iggi Haruman Achsien. (DAS – BPMI Setwapres)