Jakarta, wapresri.go.id – Berdasarkan survei yang dilakukan untuk triwulan pertama 2020 melalui e-questionnaire dengan skala likert kepada para awak media yang bertugas di Kantor Wakil Presiden, kinerja pelayanan dari Asdep Komunikasi dan Informasi Publik kembali meraih predikat baik.

Responden survei untuk periode kinerja Januari hingga Maret 2020 ini terdiri atas 58,7% awak media televisi, 19,6% awak media online, 17,4% awak media cetak, dan 4,3% awak media radio, dengan total responden sebanyak 45 awak media. Dari jumlah tersebut, 34,8% (16 orang) diantaranya bertugas sebagai pewarta tulis, 32,6% (15 orang) sebagai pewarta video, 8,7% (4 orang) sebagai pewarta foto, dan 54,3% (24 orang) sebagai reporter.

Survei ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi kinerja dari Asdep KIP dalam memberikan pelayanan di bidang kewartawanan.

Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan indeks kepuasan pengguna layanan kewartawanan yang dihitung dengan nilai rata-rata tertimbang untuk masing-masing unsur pelayanan.

Pengolahan data dilakukan secara manual dengan melakukan tabulasi data isian kuesioner dari setiap responden yang selanjutnya dihitung Nilai Persepsi (NP) dari setiap unsur pelayanan.

Daftar Unsur Pelayanan dan Nilai Persepsi (NP) dari setiap unsur pelayanan adalah sebagai berikut:

*[P1]* Pelayanan peliputan Kegiatan Wapres di Kantor Merdeka Utara, NP=4,51.

*[P2]* Pelayanan peliputan Kegiatan Wapres di Istana Wapres Merdeka Selatan, NP=4,41.

*[P3]* Pelayanan peliputan Kegiatan Wapres “di luar” Kantor dan Istana Wapres, NP=4,41.

*[P4]* Kenyamanan dan fasilitas pendukung di Press Room Merdeka Utara, NP=4,47.

*[P5]* Kenyamanan dan fasilitas pendukung di Press Room Merdeka Selatan, NP=3,84.

*[P6]* Kegiatan harian Wapres diinformasikan secara terbuka, NP=4,33.

*[P7]* Keterangan Pers mingguan (Doorstop) Wapres, NP=4,20.

*[P8]* Keterangan Pers mingguan (Doorstop) dengan tamu Wapres, NP=4,33.

*[P9]* Pengambilan foto dan video pada kegiatan Wapres, NP=4,36.

*[P10]* Penyediaan Kartu Pers Tahunan, NP=4,71.

*[P11]* Hubungan kerja antara wartawan dengan Keasdepan KIP, NP=4,53.

*[P12]* Tata tertib wartawan dalam pelaksanaan peliputan Wapres, NP=4,62.

*[P13]* Penulisan daftar hadir di pintu masuk secdor ruang kaca kantor Wapres, NP=4,36.

*[P14]* Pelayanan Asdep KIP dalam fasilitasi bidang kewartawanan, NP=4,38.

*Jumlah Nilai Persepsi* (NP)= 61,4 dengan *Rata-rata Nilai Persepsi* (NP) = 4,39.

Nilai persepsi tertinggi diperoleh dari unsur pelayanan “Penyediaan Kartu Pers Tahunan”, yaitu 4,73.

Sementara itu, nilai persepsi terendah yaitu 3,82 diperoleh dari unsur pelayanan “Kenyamanan dan fasilitas pendukung di Press Room Merdeka Selatan”.

Dibandingkan dengan survei yang dilakukan pada Desember 2019 yang lalu, rata-rata Nilai Persepsi secara keseluruhan mengalami peningkatan dari 3,95 menjadi 4,39.

Unsur pelayanan yang dirasa masih sangat kurang pada periode evaluasi ini masih sama dengan periode sebelumnya, yaitu kenyamanan dan fasilitas pendukung di Press Room Merdeka Selatan. Beberapa perubahan yang telah dilakukan pada Press Room di Merdeka Selatan dirasa masih belum optimal.

Oleh karena itu, Asdep KIP akan terus mengupayakan langkah perbaikan pada fasilitas pendukung ruang tersebut.

Setelah melakukan perhitungan terhadap Nilai Persepsi (NP) dari masing-masing unsur pelayanan, kemudian Nilai Persepsi tersebut dikalikan dengan bobot rata-rata tertimbang [dengan rumus = jumlah bobot dibagi jumlah unsur pelayanan (1/14 = 0,071)], sehingga diperoleh Nilai Indeks Kepuasan Pengguna Layanan Kewartawanan untuk setiap unsur pelayanan.

Setelah menggabungkan secara total Nilai Indeks Kepuasan Pengguna Layanan Kewartawanan dari setiap unsur layanan, maka diperoleh *Nilai Indeks Kepuasan* sebesar *4,389* atau jika dikonversi dengan nilai dasar 25, maka nilai indeks tersebut ada di angka *109,72*.

Jika dilihat dari tabel di bawah ini, maka Nilai Indeks Kepuasan Pengguna Layanan Kewartawanan adalah sebesar 4,389 atau dikonversi menjadi 109,72, ada di Nilai Persepsi 5) yang memiliki *mutu pelayanan berpredikat B* dengan *Kinerja Pelayanan* yang dinilai *Baik*.

Nilai Interval
1) 1 – 1,83
2) 1,84 – 2,66
3) 2,67 – 3,49
4) 3,50 – 4,32
5) *4,33 – 5,15*
6) 5,15 – 6,00

Nilai Interval Konversi
1) 25 – 45,75,
2) 46 – 66,5
3) 66,75 – 87,25
4) 87,5 – 108
5) *108,25 – 128,75*
6) 129 – 150

Mutu dan Kinerja Pelayanan:
1) F. Sangat Tidak Baik
2) E. Tidak Baik
3) D. Agak Tidak Baik
4) C. Agak Baik
5) *B. Baik*
6) A. Sangat Baik

Pelayanan yang baik akan mampu memberikan kepuasan kepada para pengguna layanan kewartawanan.

Pelayanan yang baik ini pada akhirnya akan mampu meningkatkan image organisasi/lembaga sehingga citra organisasi/ lembaga di mata masyarakat/pengguna layanan dapat terus meningkat. (DM/AS-KIP,Setwapres)