Nanning, wapresri.go.id – Usai menghadiri jamuan santap siang dan Salat Jumat di Hotel Crowne Plaza Fuzhou, Provinsi Fujian, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin beranjak ke Bandara Internasional Fuzhou Changle, Fuzhou untuk melanjutkan lawatannya di Tiongkok, Jumat (15/09/2023).

Didampingi Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin dan rombongan terbatas, Wapres menggunakan pesawat Garuda Indonesia (GA-2) tinggal landas menuju Kota Nanning, Daerah Otonomi Guangxi Zhuang pada pukul 15.00 WS. Setelah menempuh penerbangan kurang lebih dua jam dua puluh menit, Wapres tiba di Bandara International Wuxu, Nanning.

Tampak menyambut kedatangan Wapres dan Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin, Wakil Ketua Kongres Raya Nasional Provinsi Guangxi Zhou Jiabin, Deputi Dirjen Urusan Luar Negeri Provinsi Guangxi Zhou Tong, Dubes RI Beijing Djauhari Oratmangun beserta Ibu Sih Elsiwi Handayani Oratmangun, Konjen RI untuk Guangzhou Ben Perkasa Drajat beserta Ibu Herwati Sari Drajat, serta Atase Pertahanan (Athan) RI Beijing Kolonel Mar. Benny Poltak Nadeak beserta Ibu Desy Sulastri Tampubolon.

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin menerima karangan bunga dari mahasiswi Universitas Guangxi.

Ada yang berbeda pada penyambutan kedatangan Wapres kali ini, yakni adanya pertunjukan 125 penari tradisional yang menarikan Tari Etnis Zhuang. Sembari menari diiringi alat musik tradisional Tiongkok, para penari ini juga menyanyikan lagu tradisional yang disebut masyarakat setempat sebagai “Nyanyian Gunung”.

Adapun tarian dan nyanyian tradisional tersebut dilakukan oleh perwakilan 12 Suku dari Provinsi Guangxi. Pertunjukan tarian ini merupakan kombinasi dari seluruh etnis minoritas yg berada di Guangxi.

Usai menyaksikan pertunjukan tarian tersebut, selanjutnya Wapres beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin dan rombongan bergerak menuju Li Yuan Resort. Setibanya Li Yuan Resort, Wapres disambut oleh Home Staf KJRI Guangzho dan General Manager Li Yuan Resort.

Dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Kota Nanning ini, Wapres diagendakan menerima Kunjungan Kehormatan Gubernur Wilayah Otonomi Guangxi Zhuang Lan Tianli, melakukan Pertemuan Bilateral dengan Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang, menghadiri acara Pembukaan CAEXPO 2023 dan 20th China – ASEAN Business Investment Summit, Pembukaan Paviliun City of Charms of Indonesia, Pembukaan Paviliun Komoditas Indonesia, dan terakhir ditutup dengan melakukan Joint Interview bersama Media Tiongkok.

Setelah melaksanakan berbagai agenda tersebut, Wapres akan kembali melanjutkan kunjungan kerjanya ke Shanghai. (AS, BPMI Setwapres)