Jakarta, wapresri.go.id – Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin pagi ini menunaikan ibadah Salat Iduladha di Masjid Istiqlal, Jl. Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis (29/06/2023).

Wapres menggunakan pakaian bernuansa putih dan sorban berwarna senada, ditambah dengan jas hitam. Tidak lupa peci hitamnya yang tampak serasi dengan sarung dengan perpaduan warna kuning dan abu-abu. Wapres pun beranjak dari Kediaman Resmi pada pukul 06.45 WIB.

Saat tiba di Masjid Istiqlal Wapres disambut oleh Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin, Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama Ahmad Zayadi, serta Plt. Ketua Harian Masjid Istiqlal Laksma TNI (Purn) Asep Saepudin.

Selanjutnya, salat dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB. Tampak hadir di dalam masjid sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat, serta para Duta Besar Negara Sahabat.

Hari Raya Iduladha 1444 H ini menjadi kali pertama diselenggarakan pascapencabutan status pandemi Covid-19 yang diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada 21 Juni 2023 yang lalu.

Pada penyelenggaraan Salat Iduladha Tingkat Kenegaraan di Masjid Istiqlal 1444 H/2023 M kali ini bertindak sebagai imam, yaitu Ustaz Moh. Salim Ghazali, SQ. dan Muadzin oleh Ust. Ilham Mahmuddin, S.Pd. sementara khotib oleh Abdul Muqsith Ghazali.

Dalam khutbahnya beliau mengusung tema “Spirit Idul Adha Tingkatkan Solidaritas Kemanusiaan dan Kedermawanan”.

Usai melaksanakan salat, acara dilanjutkan dengan penyerahan hewan kurban Sapi Limousin yang diserahkan oleh Wapres kepada Plt. Ketua Harian Masjid Istiqlal Laksma TNI (Purn) Asep Saepudin. Pada kesempatan ini Wapres juga menyerahkan hewan kurban Sapi dari Presiden Joko Widodo.

Dalam keterangan singkatnya usai menyerahkan hewan kurban, Wapres mengajak masyarakat untuk dapat memberikan bantuan terhadap sesama melalui penyembelihan hewan kurban bagi masyarakat yang mampu

“Semangat solidaritas membantu masyarakat juga sesuai dengan perintah agama, maka saya mengajak semuanya untuk mari kita meramaikan bukan hanya saja dengan takbir, tetapi juga dengan menyembelih kurban,” ungkap Wapres.

Sebelumnya, saat memberikan ucapan Iduladha kepada seluruh umat muslim, Wapres mengajak masyarakat untuk dapat merayakan Iduladha dengan penuh kesederhanaan dan rasa syukur atas nikmat dari Sang Pencipta, serta tidak lupa untuk membantu antarsesama.

“Mari kita rayakan Iduladha tahun ini dalam kesederhanaan dan rasa syukur yang khidmat, seraya tetap menyalakan semangat untuk membantu sesama,” ujarnya. (DAS/AS – BPMI Setwapres)