Athena, wapresri.go.id – Pertemuan yang terbuka dan hangat terjadi antara Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin dengan Uskup Agung Athena dan Seluruh Yunani Ieronymos II. Masing-masing memberikan pandangannya mengenai isu keberagaman agama, tantangan global, hingga topik Israel dan Palestina.

Setelah sebelumnya Wapres menyampaikan posisi Indonesia yang mengecam keras serangan terharap masyarakat sipil, tempat ibadah, dan fasilitas umum di Gaza, Uskup Agung Ieronymos II pun menyampaikan pandangannya mengenai peperangan dan kekerasan yang harus ditentang dan dihentikan di Gaza.

“Jadi, saya percaya bahwa satu pesan yang harus keluar dari pertemuan kita hari ini adalah menentang perang,” ucap Uskup Agung Ieronymos II saat bertemu dengan Wapres di Holy Archdiocese of Athens, Yunani, Kamis (23/11/2023).

Senada yang disampaikan Wapres, ia pun menentang keras terhadap kekerasan dan penculikan yang terhadap warga sipil, khususnya anak-anak.

“Kami mengutuk penyanderaan, penculikan, dan kekerasan yang dilakukan terhadap warga sipil tak berdosa, dan khususnya anak-anak,” jelas Uskup Agung Ieronymos II.

“Anak-anak harus dikembalikan sesegera mungkin,” tegasnya.

Di sisi lain, Uskup Agung Ieronymos II menekankan pentingnya musyawarah segera untuk menyelesaikan berbagai konflik, khususnya bagi kasus Israel dan Palestina.

“Dan negosiasi serta musyawarah harus segera dimulai untuk penyelesaian masalah,” tambahnya.

Mengakhiri pertemuannya, Uskup Agung Ieronymos II mengajak Wapres dan segenap jajaran delegasi yang hadir untuk dapat mewujudkan upaya perdamaian dunia seraya memanjatkan doa kepada Sang Maha Pencipta.

“Yang terpenting adalah kita harus berdoa, kita harus berdoa kepada Tuhan agar dapat segera memberikan solusi dengan cara yang paling damai,” tutupnya.

Sementara dalam keterangan persnya, Wapres mengharapkan agar peran tokoh agama untuk turut andil membagun perdamaian.

”Saya ingin mendorong Upaya peran tokoh agama lebih di kuatkan lagi dalam membangun perdamaian di berbagai wilayah yang masih konflik,”

Hadir dalam pertemuan ini diantaranya, The Very Reverend Archimandrite Ioannis Karamouzis, Archsecretary of the Holy Synod of the Church of Greece, The Very Reverend Archimandrite Barnabas, Chancellor of the Archdiocese, The Very Reverend Archimandrite Lakovos Vicar General of the Archdiocese, The Very Reverend Archimandrite Eugenios Shadow Vicar General, serta Director of the Office of the Archbishop Ioannis Tsouras.

Sementara Wapres didampingi oleh, Duta Besar RI di Athena Bebeb A.K Nugraha Djundjunan, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah serta Staf Khusus Wapres Zumrotul Mukaffa. (DAS/RJP – BPMI Setwapres)