Jakarta, wapresri.go.id – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin selaku Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menghadiri Pembukaan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) MUI ke tiga yang digelar di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, pada Jumat (01/11/2023).

Dalam salah satu pesannya kepada Dewan Pengurus (DP) MUI, Wapres berharap MUI dapat meningkatkan pemberdayaan umat.

“Termasuk bisnis halal. Karena perintah halal itu membawa kemaslahatan. Oleh karena itu, sekarang halal jadi isu global. Karena Alquran yang menyuruh itu,” ungkap Wapres.

Potensi makanan halal, menurutnya, kini semakin besar. Mengingat seruan kebaikan makanan halal itu bukan hanya untuk umat Islam, tetapi juga untuk manusia secara keseluruhan.

“Kalau sholat, seruannya ‘wahai orang yang beriman,’ tapi kalau makan halal itu, seruannya, ‘Ya ayyuhannas kullu mimma fil ardhi, halalan thoyiban’. Jadi keseluruhan manusia bukan hanya orang Islam. Karena apa, makanan halal itu good food. Makanan-makanan yang baik,” terang Wapres.

Ia lantas mengaitkan peluang pemberdayaan umat melalui bisnis makanan halal dengan peluang bisnis industri halal di pasar global. Usai menghadiri Global Muslim Business Forum di Malaysia, pada 28 November lalu, Wapres bahkan mengusulkan adanya komite ekonomi dan keuangan syariah lintas negara.

“Sering saya bicarakan, kita punya KNEKS (Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah), lalu di provinsi, kita ada KDEKS (Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah).
Dan beberapa hari yang lalu, saya 9 hari berputar-putar dari Yunani, Slovakia, Sarawak (Malaysia), terakhir untuk menghadiri Global Muslim Business Forum. Itu ada 30 lebih negara yang membicarakan tentang bagaimana bisnis antar sesama umat di seluruh dunia. Saya mengusulkan agar dibentuk komite ekonomi dan keuangan syariah yang bersifat global, untuk seluruh negara. Jadi kita nasional punya, daerah punya, [level] dunia juga kita punya,” urai Wapres.

Sebagai informasi, dalam pembukaan Mukernas III ini, Wapres juga menyaksikan penyerahan sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dari badan sertifikasi World Quality Assurance kepada DP MUI.

Setelahnya, Wapres juga menyaksikan penandatanganan MoU antara MUI dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Ketua panitia pengarah Mukernas III MUI yang juga merupakan Kepala Baznas KH Noor Achmad di awal melaporkan, mukernas ini menangkat tema “Meningkatkan Khidmat MUI untuk Kemanusiaan, Kebangsaan, Keadilan dan Kesejahteraan”, dan akan digelar hingga tiga hari ke depan.

“Kami laporkan bahwa mukernas ini adalah yang ketiga di 2020 – 2025. Kita laksanakan tgl 1 s.d  3 Des. Tujuan utamanya adalah memantapkan sinergitas MUI,” tutur Noor Achmad.

Dalam pembukaan mukernas ini, Wapres didampingi oleh Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Masykuri Abdillah, Lukmanul Hakim, dan Zumratul Mukaffa.
(DMA, BPMI Setwapres)